10 Tips WhatsApp yang harus Anda ketahui

Tips WhatsApp yang harus Anda ketahui

WhatsApp adalah salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia. Tidak kurang dari 11,5 juta orang telah menginstal WhatsApp di ponsel mereka dan lebih dari 8,5 juta di antaranya menggunakannya setiap hari. Kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang terlihat pada tahun 2009 dan dibeli oleh Facebook pada tahun 2014. 

Saat ini kita lebih cenderung mengirim pesan teks ke seseorang daripada menelepon orang itu. Setiap hari, 42 miliar (!) Pesan dikirim ke seluruh dunia. Tetapi Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan WhatsApp daripada hanya mengirim pesan. Di sini saya memberi Anda tidak kurang dari 24 tip WhatsApp praktis yang harus Anda ketahui!

Tips WhatsApp Yang Wajib Kamu Ketahui

Lihat 10 tips WhatsApp praktis yang telah kami daftarkan untuk Anda di sini. Catatan: Tidak semua tip berfungsi di Android, terutama opsi ‘swipe’.

01. Letakkan kontak penting Anda di atas

Anda ingin dapat mengirim pesan kepada pasangan atau sahabat Anda dengan sangat cepat. Tetapi sangat menjengkelkan untuk menelusuri daftar obrolan Anda setiap saat untuk menemukan orang ini. Cara termudah adalah dengan langsung menempatkan orang ini di atas. Dan kamu bisa! Anda dapat memasang pin pada obrolan.

Buka obrolan yang ingin Anda pasang pin. Geser ke kanan dan voila. Di sana opsi ‘Pin’ akan muncul. Klik itu dan obrolan Anda akan disematkan ke bagian atas daftar Anda.

Anda dapat melihat bahwa obrolan disematkan karena sekarang ada pin di kanan bawah.

02. Setel pesan ke ‘belum dibaca’

Jika Anda telah menjalankan tip pertama, Anda akan segera melihat tip kedua muncul. Yakni opsi ‘belum dibaca’ . Kamu tahu. Anda membaca pesan dan menyadari bahwa Anda ingin membalasnya nanti. Tapi kemudian Anda melupakan dia. Geser pesan Anda ke kanan di ikhtisar obrolan. Kemudian atur pesan ke ‘belum dibaca’ dan pesan Anda akan mendapatkan titik biru yang sudah dikenal di sebelah obrolan. Hanya dengan begitu tanpa nomor di dalamnya. Dengan cara ini Anda selalu dapat menemukan obrolan untuk mengirimkan jawaban Anda.

03. Berbagi lokasi Anda

Ini bukan hanya cara mudah untuk tetap berhubungan dengan semua teman dan keluarga Anda. Dengan WhatsApp Anda juga dapat dengan mudah memberi tahu seseorang di mana Anda sebenarnya berada.

Buka obrolan dengan orang yang ingin Anda beri tahu keberadaan Anda. Kemudian klik tanda ‘+’ di bagian bawah . Kemudian klik ‘Lokasi’.

Kemudian layar akan terbuka di mana lokasi Anda dicari. Tunggu beberapa detik agar lokasi Anda dapat ditentukan secara akurat. Selain lokasi Anda sendiri, Anda juga akan melihat sejumlah lokasi muncul di area tersebut. Anda juga dapat mengirimkan ini jika perlu. Mungkin berguna sebagai titik pengenalan.

Klik ‘Kirim lokasi Anda saat ini’ dan Anda akan segera melihat peta muncul di obrolan Anda dengan pin dan titik biru. Bagus jika Anda harus menjelaskan kepada seseorang persis di mana Anda berada atau saat itu.

04. Berbagi lokasi langsung Anda

Selain berbagi titik tetap, Anda juga dapat berbagi lokasi saat Anda sedang bepergian. Misalnya saat Anda berada di dalam mobil. Penerima kemudian dapat menonton langsung di mana Anda berada saat itu. Opsi yang sangat berguna! Opsi ini berfungsi dalam grup serta obrolan individual.

Klik lagi tanda ‘+’ dalam obrolan. Klik ‘lokasi’ . Dan kemudian klik ‘Bagikan lokasi langsung’ dan tunjukkan berapa lama Anda ingin membagikan lokasi langsung. Lima belas menit, delapan jam. Namun jangan khawatir, Anda dapat berhenti berbagi langsung kapan saja.

Setelah Anda menunjukkan waktu, klik panah biru dan penerima sekarang dapat menonton langsung di mana Anda berada. Anda juga akan melihat opsi ‘berhenti berbagi’ di bagian bawah kartu . Saat Anda mengekliknya, bagian dari lokasi langsung Anda juga akan berhenti.

05. Buat grup

Opsi lain yang berguna dari WhatsApp. Mengobrol tidak hanya dengan individu, tetapi juga dengan seluruh kelompok. Membuat grup baru untuk percakapan grup sangatlah mudah. Klik ‘Grup baru’ di ikhtisar obrolan .

Pilih peserta dari daftar kontak Anda dan tambahkan mereka. Klik ‘berikutnya’ dan beri grup nama atau subjek.

Kemudian tambahkan gambar. Klik pada kamera di sudut kiri atas dan temukan foto yang dapat dikenali yang sesuai untuk grup dan pilih itu. Ketika Anda telah memilih gambar dan nama untuk grup WhatsApp Anda, klik ‘Buat’ di pojok kanan atas dan voila… grup Anda telah dibuat.

06. Menghentikan grup untuk sementara waktu

Grup sangat berguna dan mudah dibuat. Tetapi grup juga bisa sangat sibuk dan terkadang Anda tidak punya waktu untuk itu dan Anda tidak ingin diganggu oleh semua pesan yang Anda terima.

Maka akan berguna untuk mengatur grup ke ‘diam’ ! Anda kemudian tidak akan menerima pemberitahuan (push) untuk sementara ketika pesan baru telah diposting di grup oleh salah satu anggota dan Anda dapat melewatinya dengan tenang ketika itu cocok untuk Anda.

Buka obrolan grup. Kemudian klik nama grup di bagian atas. Anda kemudian akan melihat ‘Informasi grup’ muncul. Kemudian klik ‘Senyap’ dan pilih jangka waktu. Anda dapat memilih dari delapan jam, seminggu atau setahun. Grup Anda sekarang dibungkam.

Jika Anda ingin membatalkan ini, Anda tidak perlu menunggu hingga jangka waktunya habis. Tapi Anda pergi ke menu yang sama dan klik ‘Mute’ dan kemudian ‘Sound on’ . Anda akan menerima notifikasi push lagi ketika sebuah pesan telah diposting di grup.

07. Siapa yang membaca pesan saya dalam obrolan grup

Jika Anda mengirim pesan dalam percakapan grup, Anda ingin tahu siapa yang sudah membacanya. Tidak semua orang membaca pesan tersebut pada saat yang bersamaan. Jadi Anda tidak akan langsung melihat tanda centang biru di pesan Anda.

Geser pesan Anda ke kiri dan Anda akan berakhir di ‘Informasi pesan’ . Di sana Anda dapat melihat kepada siapa pesan telah dikirim, tetapi juga siapa yang telah membaca pesan tersebut dan pada jam berapa.

08. Menambahkan seseorang ke obrolan grup

Apakah Anda ingin menambahkan seseorang ke obrolan grup? Ini hanya mungkin jika Anda adalah administrator grup.

Klik pada nama grup dan Anda akan berakhir di ‘Informasi grup’ . Gulir ke bawah dan Anda akan melihat opsi ‘Tambahkan peserta’ .

Klik di atasnya dan pilih peserta baru dan kemudian klik ‘Buat’ di kanan atas . Peserta baru Anda ditambahkan dan dalam obrolan grup, peserta lain akan melihat bahwa seseorang telah ditambahkan ke percakapan.

09. Hapus seseorang dari grup WhatsApp

Anda tidak hanya memiliki opsi untuk menambahkan orang ke percakapan grup Anda. Sebagai administrator, Anda juga memiliki opsi untuk menghapus seseorang. Klik pada nama grup dan Anda akan berakhir di ‘Informasi grup’ . Gulir ke bawah dan Anda akan melihat semua peserta. Klik peserta yang ingin Anda keluarkan. Sebuah layar akan terbuka dan di bagian bawah Anda akan melihat ‘Hapus dari grup’ dengan warna merah . Klik itu dan orang itu akan dihapus.

10. Orang lain Jadikan pengelola grup WhatsApp

Jika Anda telah menyiapkan grup WhatsApp, terkadang Anda ingin orang lain menjadi administratornya di samping Anda atau bersama Anda. Sebagai administrator grup, Anda juga dapat menjadikan peserta di grup sebagai administrator.

Klik pada nama grup dan Anda akan berakhir di ‘Informasi grup’ . Gulir ke bawah dan Anda akan melihat semua peserta. Klik sebuah nama dan Anda akan melihat daftar opsi. Salah satunya adalah ‘Jadikan Manajer Grup’ . Klik itu dan orang itu menjadi administrator.

You May Also Like

About the Author: sebatasberita

Sebatasberita.com adalah sebuah web yang membagikan informasi terkini dan terpopuler di dunia yang di ambil dari berbagai sumber yang di percaya.Jika ada salah kata dan hak cinta bisa di infokan ke redaksi kami di kontak hubungi kami yang tersedia.Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *