6 cara untuk melindungi privasi online Anda

pengaturan equalizer dalam Windows secara signifikan meningkatkan kualitas suara. Untuk itu, beberapa program Windows Equalizer terbaik ada di daftar ini.

Seberapa besar Anda peduli dengan privasi Anda di dunia digital? Apakah Anda menganggap serius privasi online Anda? Melindungi privasi online Anda sama pentingnya dengan keamanan fisik Anda di dunia saat ini, di mana penjahat dunia maya secara terbuka mencari dan serangan manipulasi psikologis sedang meningkat.

Anda harus berhati-hati untuk melindungi privasi online Anda. Meskipun tindakan pencegahan ini mungkin membutuhkan beberapa pekerjaan, Anda harus ingat bahwa informasi pribadi Anda dipertaruhkan. Ingatlah bahwa orang yang tidak Anda kenal dapat mengakses lokasi fisik Anda yang sebenarnya dengan informasi yang Anda bagikan melalui Internet.

GUNAKAN VPN

Program VPN memungkinkan Anda mengakses situs web yang diblokir di negara Anda dengan memberi Anda alamat IP lain. Anda bahkan dapat menghemat biaya tiket dengan VPN dalam pembelian tiket penerbangan Anda. Saat Anda menggunakan program VPN, pihak ketiga akan melihat alamat IP server VPN, bukan alamat IP Anda yang sebenarnya. Pastikan untuk mengaktifkan program VPN Anda sebelum menghubungkan ke jaringan Wi-Fi terenkripsi, terutama di bandara. Dalam jaringan Wi-Fi terenkripsi, data pribadi Anda dapat dengan mudah dicuri oleh penyerang dunia maya.

Hindari menggunakan program VPN gratis. Semua jenis file gratis dan retak dapat mengancam privasi online Anda. Hindari mengunduh program / perangkat lunak dari sumber yang meragukan sebanyak mungkin.

WASPADAI UNDIAN DAN BANTUAN ONLINE

Merupakan hal yang umum bagi perusahaan untuk meminta alamat email atau nomor telepon untuk berpartisipasi dalam undian atau survei. Saat Anda memasuki situs web, Anda mungkin diminta memasukkan alamat email, nomor telepon, atau informasi pribadi serupa untuk mengakses konten tertentu. Meskipun berbagi alamat email Anda tampaknya bukan masalah besar, informasi pribadi Anda sebenarnya dikumpulkan dengan cara ini oleh pemasar iklan. Alamat email Anda mungkin dijual ke pihak ketiga.

Masalah lain yang harus diperhatikan di sini adalah bahwa penyerang dunia maya dapat melakukan hal yang sama. Penyerang dunia maya mungkin meminta nomor telepon atau alamat email Anda untuk mengikuti undian atau yang disebut bantuan pemerintah. Anda mungkin diminta untuk mengklik link dan mengisi formulir di teks atau isi email yang menyatakan bahwa Anda telah diberikan, bahwa Anda berhak atas bantuan negara. Di sebagian besar pesan ini, perangkat Anda terinfeksi ketika Anda mengeklik tautan atau data pribadi Anda dicuri oleh penyerang dunia maya saat Anda mengisi formulir pada tautan tersebut. Misalnya, ketika Anda memberikan nomor telepon Anda, biaya mungkin dibebankan ke saluran pascabayar Anda.

SELALU PERBARUI PERANGKAT ANDA

Anda mungkin merasa mudah untuk menunda pengingat pembaruan OS komputer atau ponsel cerdas Anda, tetapi pembaruan yang diperlukan mungkin juga diperlukan untuk memblokir malware yang ada.

Selalu perbarui komputer Anda atau perangkat serupa tanpa penundaan. Ransomware WannaCry menginfeksi ratusan ribu komputer pada tahun 2017, memengaruhi komputer tanpa pembaruan. Banyak orang menjadi korban.

JANGAN MASUK KE AKUN ONLINE PENTING ANDA DI PERANGKAT ATAU JARINGAN UMUM

Jangan masuk ke rekening bank, akun media sosial, atau bahkan email Anda di komputer publik atau jaringan publik. Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik dan, jika ada, komputer umum di perpustakaan, universitas, kafe, bandara, dan pusat perbelanjaan.

Aktivitas di jaringan dan perangkat Wi-Fi publik dapat dilihat oleh operator jaringan, dan data serta informasi pribadi Anda mungkin dicuri oleh pihak ketiga yang jahat.

Jika Anda sangat ingin terhubung ke jaringan publik, jangan lupa untuk menggunakan VPN. Anda dapat mengenkripsi koneksi jaringan Anda dengan VPN.

JANGAN BAGIKAN LOKASI ANDA

Hari ini, semua orang berbagi lokasi mereka, apa yang mereka lakukan sepanjang hari. Kami dapat mengatakan bahwa Instagram atau Facebook umumnya digunakan untuk ini.

Saat Anda membagikan lokasi Anda dengan alat aplikasi, Anda sebenarnya membagikannya dengan orang yang tidak Anda kenal. Tahukah Anda bahwa beberapa pengguna dalam game bernama Pokemon Go dirampok oleh pencuri yang membuat dirinya terlihat seperti Pokemon langka?

Jejak digital Anda dapat berubah menjadi ancaman bagi Anda di dunia fisik. Hindari membagikan secara publik apa dan di mana Anda lakukan secara instan di media sosial.

JANGAN KEMBALI KE EMAIL YANG MENCURIGAKAN

Phishing (phishing) Bahkan jika Anda pernah mendengar setidaknya satu metode serangan pasti menerima email seperti itu. Ransomware, spyware, atau malware lainnya dapat menginfeksi perangkat Anda melalui email phishing.

Selalu periksa alamat pengirim konten email dari orang yang tidak Anda kenal. Jika alamat pengirim terdiri dari angka dan huruf aneh, kemungkinan itu adalah email spam. Jangan klik link di email ini dan jangan pernah mendownload file terlampir ke perangkat Anda.

You May Also Like

About the Author: sebatasberita

Sebatasberita.com adalah sebuah web yang membagikan informasi terkini dan terpopuler di dunia yang di ambil dari berbagai sumber yang di percaya.Jika ada salah kata dan hak cinta bisa di infokan ke redaksi kami di kontak hubungi kami yang tersedia.Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *